Wednesday, April 23, 2014 21:10

Ayo belajar nulis aksara Jawa

Posted by on Saturday, April 12, 2008, 11:24
This news item was posted in perjalanan category and has 28 Comments so far.

Sebagai orang Jawa ya sudah sepantasnya tho, kalo aku juga mempopulerkan cara menulis menggunakan huruf Jawa. Sebab berdasarkan penerawangan yang aku lakukan melalui primbon 6 huruf ternyata aksara Jawa ini telah diusulkan oleh Jason Glavy (orang Jepang) dengan nama Tjarakan ke Unicode, bahkan perusahaan Agfa Monotype juga telah membuat contoh font Javanese. Nah lho ...

So, mosok aku sing orang jowo ora gelem membudayakannya ..
Inggih tho..

Opo tho aksara Jawa itu ?

Aksara jawa berbeda dengan huruf Latin yang kita gunakan sekarang ini untuk menulis. Aksara jawa terdiri dari :

1. Aksara Carakan
Aksara inti yang terdiri dari 20 suku kata ato biasa disebut Dentawiyanjana, yaitu :
ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha, nga ;

2. Aksara Pasangan
Bentuk mati (huruf) dari aksara inti, yaitu :
h, n, c, r, k, d, t, s, w, l,
p, dh, j, y, ny, m, g, b, th, ng
;
pasangan

3. Aksara Swara
Biasanya untuk huruf awal penulisan nama kota ato nama
orang yang dihormati yang diawali dengan huruf hidup,
yaitu : A, I, U, E, O

4. Aksara Rekan
Untuk penulisan huruf-huruf yang berasal dari serapan bahasa
asing, yaitu : kh, f, dz, gh, z

5. Aksara Murda
Biasanya untuk huruf awal penulisan nama kota ato nama
orang yang dihormati, yaitu : Na, Ka, Ta, Sa, Pa, Nya, Ga, Ba

6. Aksara Wilangan
Untuk penulisan bilangan dalam bahasa Jawa,
yaitu angka 1 s/d 10 dalam aksara Jawa.

7. Tanda Baca (Sandangan)
Merupakan tanda baca yang biasa digunakan, huruf hidup
serta huruf mati yang biasa dipakai dalam bahasa sehari-hari,
yaitu tanda : koma, titik, awal kamimat, dll
huruf : i, o, u, e.
huruf mati : _r, _ng, _ra, _re, dll

Setelah menguasai aksara-aksara di atas, kita tidak bisa langsung menggunakannya untuk menulis sebagai mana ejaan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebab ada beberapa hal yang menjadi perkecualian dan menjadi aturan tambahan.

Tambah pusing ? Gak po po .. wajar .. aku yang wong jowo wae sering salah.

Tadi sempat disebut kalo orang luar udah bikin font aksara jawa untuk bahasa komputer. Tetapi jangan salah, di sini pun dah ada yang jago dan malah juga udah berusaha mendaftarkannya ke Unicode, Budi Teguh Sayoga namanya. Bahkan kangmas Sayoga ini telah membuat bahasa ANSI (bukan Unicode) untuk dibagikan gratis sehingga kita bisa menuliskan aksara Jawa ini di komputer dengan keyboard selayaknya kita mengetik biasa. Penasaran kan ? Silakan masuk ke situsnya kangmas Sayoga. Ato ambil font hanacaraka disini dan ubah file ekstension nya dari PPT menjadi ZIP.

Oh ya, biasanya kalo membaca suatu artikel gak puas kalo belum mencoba. Tulisan di bawah dibuat menggunakan font hanacaraka nya kangmas Sayoga. Coba baca tulisannya dan jawab di kolom komentar ya.

Matur nuwun, pareng.

baca dong
Sumber :
- http://hanacaraka.fateback.com/
- http://www.omniglot.com/writing/javanese.htm
- http://www.geocities.com/jglavy/asian.html
- http://www.seasite.niu.edu/Indonesian/jawa/jawa.htm
- http://www.joglosemar.co.id/hanacaraka/hanacaraka.html
- http://www.christusrex.org/www1/pater/JPN-javanese-huruf.html
- http://yulian.firdaus.or.id/2005/04/20/unicode-hanacaraka/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Hanacaraka
You can leave a response, or trackback from your own site.

28 Responses to “Ayo belajar nulis aksara Jawa”

  1. rerere
    2008.04.13 16:25

    ga mudeng ah..

    # masih salah re.. coba lagi :D

  2. 2008.04.13 23:52

    eh, sebagai orang solo, saya merasa bisa nulis hanacaraka..

    tapi setelah baca tulisan mas nindityo, baru sadar masih banyak yang harus dipelajari selain huruf dan pasangan.. sementara ilmu yang ada juga udah rontok semua dimakan waktu.. hehehe..

    # dan sebagai orang semarang.. saya juga gak mudeng mas..

  3. doni
    2008.04.16 12:03

    ada les private ngga??

    # wah gak tau mas.. coba kontak mas Yoga di situs resmi bahasa jawa itu. link paling atas

  4. 2008.04.16 14:50

    waduh….aku dulu hafal aksara jawa lo…
    tapi sekarang udah lupa babar blas….
    hiks…malu… :(

    # sama mas.. :)

  5. 2008.04.18 10:39

    dapet salam mas!
    dari Bu Mul sama Bu Nuk

    # ketemu dimana mas ama beliau?

  6. wuri
    2008.04.23 16:01

    ayo belajar nulis aksara jawa
    kalo mbaca sih masih bisa dit, asal tidak mengandung huruf kapital & angka
    kalo nulis… wah wis nunak nunuk…

    # ya dikit-dikit tho mbakyu ..

  7. Jumadi
    2008.05.15 06:42

    aplikasi nulis jawa di mana ya websitenya/

    # di link site paling atas mas.. ama kangmas sayoga

  8. 2008.05.15 07:20

    Asik, aku melu sinau yo boss.. ajari sing tenanan lho

    # halah.. aku yo mak plekitik yen dikon ngomong alus mas

  9. soelis
    2008.05.28 12:33

    ehm…kemaren aku baru nyadar mau belajar + mendalami lagi bahasa jawa, terutama yo nulis jowo kui mau…
    nyuwun pandonga pangestu nggih…
    mugi2 klakon
    ^_^

    # sami-sami mas

  10. caturriyanti
    2008.06.06 08:15

    saya senang dengan perkembangan tekhnologi yang dapat membuat aksara jawa lebih mudah di ketik dengan komputer,dan itu memudahkan kita dalam mempelajari aksara jawa.

    # sip.. met belajar mbak

  11. 2008.08.28 18:52

    aku yo uga lali lali eling nulis aksara jawa. padahal biyen canggih pol. klo nulis astin pake aksara jawa gimana ya? aku lupa tenant.. :oops:

    astin aznawis last blog post..Bahasa Daerah terancam punah, sepeduli apa kita?

    # wah kalo saya tulis belum tentu sampeyan bisa baca mas.. kecuali dah install font nya. donlot aja yang udah di link disitu mas. pasti bisa. :D

  12. handoko
    2008.09.23 14:26

    mas NIDITYO makasih ya, aku nemu nindityo.com ini setelah browsing, abis tadi malam aku dikerjain sama anakku yg kelas V, aku dipaksa mengerjakan PR tulisan bahasa Jawa, akhirnya ya kayak pramuka mengerjakan sandi rumput he…he… maklum aku lahir dan besar di LAMPUNG walaupun darah yg mengalir Jawa (blaster Jateng-Jatim).

    Thank aku mau blajar bahasa Jawa dan anakku juga akan aku ajari agar bisa, okey matur nuwun… sugeng siang…

    # wah seneng bisa membantu.. :oops:

  13. gorif
    2009.01.23 23:10

    aku wis lali……iku pelajaran naliko aq isih SD…. yakin, aq bar moco rodho capet2 kelingane……hehehehe…….

    # aku juga perlu contekan kalo mo nulis :)

  14. 2009.01.25 11:43

    waduh…
    pusing euy..he

    utes last blog post..iklan premium

    # lama-lama mudah kok. yang penting pernah belajar.

  15. 2009.05.25 17:40

    AYO BELAJAR NULIS CORO JOWO :razz:

  16. 2009.11.14 09:46

    Dari dulu pelajaran daerah yang namanya nulis aksara jawa itu susah mas !!. Dulu bisa nulis sedikit, tetapi sekarang sudah lupa lagi. Wah mesti harus eling2 lagi nih…

  17. 2009.12.27 23:57

    Terusna anggone ngladhi tetulisan Aksara Jawa Mas…. ! Supaya Aksara Jawa tetep lestari… ora ilang saka pangangen-angen……. Yen seratane njenengan ing ndhuwur cukup penak wae Mas…. “Ayo belajar nulis aksara jawa”… coba njenengan rakit karo pasangan, aks. murda, utawa angka jawa lsp…. Cukup saka semene ya suwun … Pendhekaring Bangsa saka Ponorogo ….

  18. Oh ya sorri Mas…. aku lali…
    Aksara Rekan (Aksara Swara) ing ndhuwur, bareng dakjingglengi karo kancaku P. Mujiono, S.Pd.M.Pd. Guru Basa Jawa SMP 1 Slahung Po. jenule kliru….
    ” Aksara rekan ora padha karo aksara swara… Aksara rekan kuwi kanggo nyelarasake tembung-tembung kang saka Arab. Dene Aksara Swara iku kanggo nyelarasake karo Aksar Latin ( vokal a, i, u, e, o ) lan uga bisa kanggo tembung Arab … tuladhane Abdul …. iku kudune ngangge Aksara Swara”

  19. 2010.05.20 15:51

    Onscreen Keyboard hanacaraka gratis !

    http://wisudyantoro.blogspot.com/2010/05/onscreen-keyboard-jawa.html
    .-= wisudyantoro´s last blog ..Onscreen Keyboard Jawa =-.

  20. Bekti Winoto
    2010.12.20 09:39

    ayo belajar nulis aksara jawa

  21. yanni
    2011.05.30 12:35

    he..he..sinau neh ah…kanggo anakku ..apik tenan iki..bocah saiki sansoyo rak mudeng aksara jawa…

  22. Jamiko
    2011.07.23 09:09

    HAYO BELAJAR NULIS HAKSARA JAWA.

    Kenging nopo mboten dipunagem aksara vokalipun, Mas?

  23. 2011.09.13 18:55

    Gak nyambung :(

  24. endi
    2011.10.07 13:24

    mas kulo wong sumatera, raiso jowo alus hehehe…
    pengen belajar aksara jawa dari duluuuuuuuuuu banget, cara penerapannya gmana ya mas? tapi dalam baha indonesia!
    contoh: “nama saya ENDI”, tolong ajarin y mas, pengen banget

  25. PUJADI,S.Pd
    2012.02.06 12:36

    GAMPANG KUWI MURIDKU WIS ISO JAWAB,AKU WONG JOGJA,NING AWIT 1983 URIPKU NEENG TEGAL,NULIS JOWO TETEP DAK URI URI,AKU KEP.SEK NING KARO MULANG BOSO JOWO

  26. yudi susilo
    2012.03.16 15:22

    ayo belajar nulis aksara jawa…..itu khan bacanya mas…..

  27. 2012.05.02 04:58

    Ngaku… sekarang kalah sama anakku yang SD kalau baca aksara Jawa  :lol:

  28. enju
    2012.09.24 20:32

    udah hampir 3x gx dapet nilai tugas bahasa jawa bab carakan :cry: :(

Leave a Reply


8 + = ten

A wordpress magazine theme design by Custom Theme Design.