Friday, May 25, 2018 7:26

Konsep, Tipe, dan Dukungan Teknologi Informasi

Posted by on Sunday, February 3, 2013, 11:18
This news item was posted in ekonomi category and has 0 Comments so far.

SISTEM INFORMASI : KONSEP DAN DEFINISI

Sistem informasi sebagai sesuatu yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengolah data secara ekonomis menjadi informasi atau pengetahuan.

Komposisi dari sistem informasi terdiri dari : perangkat keras, perangkat lunak, data, prosedur, jaringan kerja, dan manusia.

Program aplikasi adalah program komputer yang dirancang untuk mendukung tugas tertentu atau proses bisnis atau, dalam beberapa kasus, untuk mendukung program aplikasi lain.
proses-informasi

Gb. 1 Hubungan antara data, informasi dan pengetahuan

Jenis Data (data items) adalah gambar awal mengenai suatu hal,kejadian, kegiatan dan transaksi yang direkam, diklasifikasikan dan disimpan tetapi tidak teratur dalam menyampaikan makna. Sebuah database terdiri dari data tertentu yang ditata untuk memperoleh informasi.

Informasi (information) adalah data yang telah ditata sehingga memiliki makna dan nilai bagi penggunanya. Data tertentu biasanya diproses menjadi suatu informasi melalui suatu aplikasi.

Pengetahuan (knowledge) terdiri dari data atau informasi yang telah ditata dan diproses untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, pembelajaran, dan keahlian untuk diterapkan pada masalah atau aktivitas yang sedang terjadi..

Data, informasi, dan pengetahuan dapat menjadi masukan (input) untuk sistem informasi, dan dapat juga dapat menjadi hasil (output).

KLASIFIKASI DAN TIPE SISTEM INFORMASI

a. Kasifikasi Berdasarkan Tingkat Organisasi

Organisasi terdiri dari komponen seperti divisi, departemen, dan unit kerja, yang diatur secara hirarkis. Sistem tersebut dapat berdiri sendiri, tetapi umumnya saling berhubungan. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
bab2-2

Personal dan Sistem Produktivitas.
Sistem ini dikenal sebagai manajemen informasi personal (PIM) yaitu system kecil yang dibuat untuk banyak pihak serta bersifat umum sehingga bisa digunakan banyak pihak.

Sistem Pemrosesan Transaksi.
Sistem ini melakukan pemrosesan data terus menerus dan setiap waktu dan bahkan seketika.

Sistem Informasi Fungsional dan Manajemen.
Sistem infomasi fungsional mendukung aktivitas terbatas pada satu departemen, terdiri atas dua tipe yaitu :
– yang memberikan dukungan kepada manajer (MISs);
Sistem informasi manajemen mendukung manajer fungsional dengan menyediakan laporan berkala yang mencakup ringkasan, perbandingan, dan statistik lainnya. Serta digunakan untuk perencanaan, pengawasan, dan pengendalian.
– yang memberikan dukungan kepada para karyawan di area fungsional misalnya analis dan staf.

System Informasi Usaha
Sistem Informasi Usaha membantu proses bisnis yang melibatkan dua atau lebih bagian. Sistem ini melibatkan beberapa proses dan biasanya terintegrasi dalam tugas di beberapa bagian. Salah satu aplikasi enterprise yang paling populer adalah manajemen hubungan dengan pelanggan (costumer relationship management -CRM), Manajemen Pengetahuan (Knowledge management – KM), dan kecerdasan bisnis (Business Intelligence – BI).

Sistem Informasi Inter-organisasional.
Beberapa sistem informasi menghubungkan dua atau lebih organisasi atau biasa disebut disebut sistem informasi interorganisasional (IOSs).
Sistem Informasi Global.
IOSs yang menghubungkan perusahaan yang berlokasi di dua atau lebih negara disebut sistem informasi global. Banyak sistem e-commerce sekarang mendunia dan memerlukan system informasi yang mendunia seperti ini.

Sistem yang Sangat Besar dan Spesial.
Beberapa sistem sangat besar dan seringkali mendunia, Sistem ini meliputi banyak sub sistem yang lebih rendah. Tetapi system ini pun bias digunakan untuk industry tertentu saja seperti misalnya pemesanan tiket penerbangan dari suatu maskapai. Meskipun system informasi yang digunakan sangat besar dan mendunia tetapi hanya khusus dimanfaatkan oleh industry itu saja.

b. Klasifikasi Berdasarkan Tipe Dukungan

Cara lain untuk mengklasifikasikan sistem informasi yang sesuai dengan jenis dukungan yang mereka berikan, diluar dari area fungsi. Pada tahun 2008 ada 2 tipe system ini yang menarik perhatian banyak orang yaitu sstem kerjasama dan sistem intelejen bisnis.

BAGAIMANA TI MENDUKUNG ORANG-ORANG DALAM ORGANISASI
a. Kegiatan Operasional
Kegiatan operasional berhubungan dengan operasional sehari-hari dari suatu organisasi, seperti menugaskan karyawan untuk tugas dan pencatatan jumlah jam kerja. Sistem Informasi yang mendukungnya adalah : TPSs, MISs, ADSs.

b. Kegiatan Manajerial
Disebut juga kegiatan taktis yang secara umum berkaitan dengan kegiatan manajemen menengah seperti perencanaan pengorganisasian jangka pendek dan kontrol. Sistem manajerial komputerisasi sering disamakan dengan MISs.

c. Kegiatan Strategis

Berkaitan dengan situasi yang mampu mengubah sifat dimanakegiatan usaha dilakukan. Keputusan strategis dibuat oleh top managemen. Sistem TI yang mendukung yang sangat berguna adalah BI, analisa bisnis.

# Mengapa orang membutuhkan dukungan TI?
TI membantu mencari dan menganalisis informasi, mengevaluasi kemungkinan pengambilan keputusan, berkomunikasi dan berkaitan dengan karyawan dan mitra bisnis, dan banyak lagi. Semua dilakukan dengan cepat dan murah, dari mana saja, setiap saat. Bantuan spesifik yang dibutuhkan dan spesifik dukungan TI tergantung pada banyak faktor mulai dari tingkat manajerial dan industri ke negara mana bisnis dilakukan, dan ukuran organisasi serta jenis situasi dan keputusan yang terlibat.

BAGAIMANA TI MENDUKUNG RANTAI PASOKAN DAN PROSES BISNIS

Rantai pasokan bersifat rumit dan sulit diatur, membutuhkan koordinasi antar mitra bisnis, beberapa bagian intern perusahaan, sejumlah proses bisnis, dan juga banyak pelanggan. Hal ini melibatkan pihak dalam perusahaan (internal), dengan pemasok (upstream), dan dengan pelanggan (downstream).

Dukungan Rantai Pasokan Internal.
Software khusus yang disebut manajemen rantai pasokan (SCM) tersedia untuk mendukung kaitan informasi antar bagian. Sebagai contoh, di bidang manufaktur, ada perangkat lunak untuk penjadwalan produksi dan manajemen persediaan.

Dukungan Rantai Pasokan Hulu (Pemasok).
Tujuan utama TI dalam mendukung rantai pasokan hulu (antara perusahaan dan pemasoknya) adalah untuk meningkatkan kegiatan pengadaan dan hubungan dengan vendor.

Dukungan Supply Chain Hilir (Rantai Pasokan Pelanggan).
Dukungan TI dari segmen hilir dari rantai pasokan (antara perusahaan dan pelanggannya) dilakukan di dua daerah. Pertama, TI mendukung kegiatan manajemen hubungan dengan pelanggan (CRM), seperti menyediakan panggilan pelanggan pusat. Kedua, TI juga mendukung pengambilan order dan pengiriman ke pelanggan.

Mengelola Supply Chains (Rantai Pasokan).
TI menyediakan dua jenis utama dari solusi perangkat lunak untuk perencanaan tujuan, pengorganisasian, koordinasi, dan pengendalian kegiatan rantai pasokan.Pertama adalah perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprice Resource Planning – ERP) perangkat lunak, yang membantu dalam mengelola internal dan hubungan eksternal dengan mitra bisnis. Yang kedua adalah perangkat lunak SCM, yang membantu dalam pengambilan keputusan terkait baik untuk segmen internal dan hubungan mereka dengan segmen eksternal.

PRASARANA SISTEM INFORMASI, ARSITEKTUR, DAN MUNCULNYA LINGKUNGAN KOMPUTER

Infrastruktur informasi terdiri atas fasilitas fisik, jasa, dan manajemen yang mendukung pemakaian bersama semua sumber daya dalam suatu organisasi. Lima komponen utama infrastruktur adalah: Hardware Komputer, Software, Fasilitas jaringan dan komunikasi (termasuk internet dan intranet), Pusat data dan data pekerja, dan Personal manajemen informasi.

Arsitektur teknologi Informasi
adalah rencana atau peta level tinggi pada asset informasi dalam suatu organisasi, termasuk perencanaan fisik bangunan terkait hardware.
Penciptaan arsitektur TI adalah suatu proses perputaran yang dikendalikan dengan arsitektur bisnis, yang menjelaskan perencanaan organisasi, visi, tujuan, dan masalah, serta informasi yang diperlukan untuk mendukungnya.

Sistem berbasis web
merujuk kepada aplikasi atau layanan yang terletak pada server yang dapat diakses menggunakan web browser dan karena itu dapat diakses dimana saja di dunia melalui web seperti : System Perdagangan online (daring) berbasis web, Pasar elektronik, dan Lingkungan Web 2.0.

SISTEM INFORMASI YANG INOVATIF DAN BERPANDANGAN KE MASA DEPAN

Beberapa sistem yang berpandangan ke masa memiliki desain konseptual dalam penyediaan solusi inovatif. Contoh yang mewakili: suatu sistem pengendalian lalulintas cerdas, yang tidak hanya mengatur lalu lintas tetapi juga juga berfungsi untuk mengurangi polusi, mengurangi kecelakaan, memberikan bantuan kepada pemakai jalan, dan sebagainya

ISU-ISU MANAJERIAL
a) Transisi ke perusahaan digital.
b) Bagaimana kesepakatan antara outsourcing dan trend keperluan komputasi..
c) Isu-isu etis.
d) Risiko memperkenalkan teknologi baru.
e) Pentingnya manajemen rantai suplai.
f) Pentingnya kecerdasan bisnis.

Sumber:
BAB 2: Teknologi Informasi: Konsep, Tipe, dan Dukungan Teknologi Informasi

Efraim Turban dan Linda Volonino. Information Technology for Management โ€“ Transforming Organizations in the Digital Economy. Seventh Edition. John Wiley & Sons. 2010

You can leave a response, or trackback from your own site.

No Responses to “Konsep, Tipe, dan Dukungan Teknologi Informasi”

Leave a Reply


A wordpress magazine theme design by Custom Theme Design.